PENGENALAN MICROSOFT EXCEL 2010,MENGENAL MENU DAN FUNGSI MENU MICROSOFT EXCEL

-PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL 2010
microsoft exel atau yang sering disebut dengan exel merupakan program merupakan program untuk mengolah angka/data secara otomatis,yang meliputi perhitungan dasar matematika,prnggunaan fungsi-fungsi tertentu,pengolahan data,pembuatan grafik dan manajemen data.

-FUNGSI MICROSOFT EXCEL 2010
a.bisa untuk menyelesaikan berbagai urusan administratif.
b.membuat grafik
c.memanajemen data
d.bisa menggunakan funsi matematika
e.bisa menggunakan fungsi logika untuk menyelesaikan masalah

-FUNGSI MENU MICROSOFT EXCEL 2010
1.lembar kerja microsoft exel

  • quick access tolbar.letaknya berada dikiri atas.quick access tolbar ini mewakili perintah-perintah tertentu yang biasanya sering digunakan.
  • tab baris,berisi sekumpulan tab seperti file,home,insert,formula dan lain sebagainya
  • size button,untuk mengatur tampilan lembar kerja excel
  • name box,merupakan toobar yang berisi alamat suatu cell
  • formula bar,tempat untuk menuliskan rumus
  • kolom,baris lajur yang berisi abjad A sampa VI
  • baris,berisi angka 1 sampai 65536
  • scroll bar, digunaakan untuk menggulung dokumen ke aatas ke bawah atau kekiri kekanan
  • tombol navigasi sheet,digunaakan untuk berpindah sheet
  • status bar,baris yang berisi keterangan tentang lembar kerja yang sedang digunakan
  • zoom,digunaakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran lembar kerja dalam layar
2.menu tab microsoft excel 2010

  1. tab home,elemen pada tab home terdiri dari sub menu
  • clipboard,digunakan untuk menampung data sementara hasil pemotongan data atau copy
  • bagian dari clipboard yaitu;


  1. cut,untuk menghapus/memotong teks
  2. copy,untuk menduplikat teks
  3. format painter,membuat format data 
  4. paste,menempelkan hasil kopian
  • font,sub menu dari font adalah
  1. increaasefont size,membesrlkan ukuran huruf
  2. decrease font size,mengecilkan ukuran huruf
  3. bold,menebalkan huruf
  4. italic,mencetak miring huruf 
  5. underline,memberi garis bawah pada huruf
  6. border,memberi bingkai pada tabel
  7. fill color,memberi warna
  8. font color,memberi warna pada huruf
  9. font,untuk memilih jenis huruf
  • aligment,sub menu aligment terdiri dari:
  1. top align,format teks raata tengah dengan posisi disebelah kiri  halaman
  2. middle align,format teks rata tengah dengan posisi ditengah-tengah halaaman
  3. bottom align,penggalan halaman
  4. center,format teks rata tengah
  5. align right,format teks rata kiri 
  6. descrease indent,paragraf menjorok kekiri
  7. increase indent,paragraf menjorok kekanan
  8. merge dan center,menggabungkan dan menenggahkan teks
  • number,sub menu terdiri dari:
  1. general,tombol pengaturan secara umum
  2. curency,format mata uang
  3. percent,format persen
  4. comma,pemberian tanda koma pada data
  5. decrease decimal,mengurang angka desimal
  6. increase decimal,menambahkan angka desimal
  • sytles,sub menu yang terdiri dari:
  1. conditional formatting,pembuatan format yang sesuai dengan keinginan 
  2. format as table,pembuatan tabel dengan format yang disediakan
  3. cell sytle,pembuatan penampilan cell
  • cell,sub menu terdiri dari:
  1. insert,menyisipkan cell
  2. delete,menghapus cell
  3. format,pengaturan penampilan cell
  • editing,sub menu editing terdiri dari ikon:
  1. autosum,menghitung secara otomatis
  2. clear,menghapus cell
  3. sort and filter,mengurutkan dan menyaring data
  4. find and select,mencari dan menseleksi data
2.tab insert,tab ini digunakan untuk memasukan intruksi-instrusi kedalam lembar kerja seperti pembuatan tabel,memasukan gambar,model-model grafik,membuat link,serta memasukan simbol-simbol.tab ini terdiri dari:
  • tables,nama dan fungsi sub menu dari tebles 
  1. pivot table,membuat tabel rekapitulasi dengan bentuk yang ditentukan sendiri
  2. table,membuat table
  • ilustrations,sub menu dari tab ini terdiri dari:
  1. picture,menyisipkan gambar
  2. clip art, menyisipkan clip art
  3. shape,menyisipkan gambar standar dari komputer
  4. smart art,menyisipkan gambar praktis
  • chart,digunakan untuk membuat grafik
  • text,digunakan untuk membuat text box,menyissipkan header dan footer,membuat huruf indah.menyisipkan objek dan menyisipkan simbol
3.tab page layout,tab ini digunakan untuk mengatur data,tab ini terdiri dari:
  1. themes,digunakan untuk mengatur pewarnaan
  2. page setup,digunakan untuk mengatur batas tepi kertas
  3. scale to fit,digunakan untuk mengatur lebar,tinggiserta skala kolom atau baaris secara otomatis
  4. sheet option,digunakan untuk memunculkan garis bantu serta heading dari suatu data
  5. arrange,digunakan untuk mengatur tata letak gambar
4.tab formula,digunakan untuk mengatur memasukan rumus (fungsi logika,fungsi teks,format keuangan,tanggal,dan waktu)

5.tab data,digunakan untuk memasukan data eksternaal atau merefresh data.

6.tab review,digunakan untuk mengeja kesalahan pada tata bahasa,pemberian komentar,serta keamanan data

7.tab view,digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja,mengatur tampilan lembar kerja pada layar monitor,serta pengaturan jendela lembar kerja
Untuk teman teman yang butuh informasi tentang Membuat dan memodifikasi tabel serta menggunakan rumus sederhana di MS.Office word bisa klik link di bawah ini:


Komentar