PENGENALAN MICROSOFR WORD 2010,MENU DAN FUNGSI MICROSOFT WORD 2010

pengertian microsoft word 2010

Microsoft word(ms word) merupakan pengelolah kata yang merupakan kelanjuyan dari lanjutan versi sebelumnya.aplikasi pengolah kata produk microsoft ini dirancang untuk membantu membuat dokumen profesional berkualitas seperti laporan,dokumen berbentuk surat,brosur,tabel dan lain sebagainya.

  1.  menu file
tab menu file berisi ikon-ikon sebagai berikut :
Save : untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.
Save As : untuk meyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.
Open : untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan
Close : untuk menutup lembar kerja
juga terdapat beberapa perintah seperti: nfo, recent, new, print, save and send, help, options, dan close.

2.Tab menu home
Tab ini paling sering digunakan, karena menggabungkan semua fitur format teks seperti font, dan pengaturan paragraf. Dalam menu home berisi ribbon untuk pengaturan standart, antara lain :
Ribbon Clipboard : berisi ikon untuk mengedit teks.
Ribbon Font : untuk mengatur huruf
Ribbon Paragraph : untuk mengatur paragraph teks
Ribbon Styles : untuk mengatur model penulisan
Ribbon Editing : untuk mencari karakter, kalimat pada dokumen atau menyeleksi teks pada dokumen

3. Tab menu Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan berbagai item dalam dokumen seperti gambar, clip art, halaman cover, tabel, text box, penomeran halaman, dan lain-lain.
Ribbon Pages : untuk penambahan halaman
Ribbon Tables : untuk menyisipkan tabel
Ribbon Illustrations : untuk menyisipkan berbagai gambar
Ribbon Links : untuk menghubungkan antarhalaman atau dengan file lain
Ribbon Header & Footer : untuk membuat catatan dokumen dan penomeran halaman
Ribbon Text : untuk menyisipkan variasi teks pada dokumen
Ribbon Symbols : untuk menyisipkan simbol

4. Tab menu page layout
Tab ini digunakan untuk mengatur halaman seperti margin, tema, orientasi, dan lain-lain.
Ribbon Themes : untuk mengatur tema dokumen
Ribbon Page Setup : untuk mengatur halaman dokumen seperti batas, posisi, ukuran kertas pada dokumen
Ribbon Page Background : untuk mengatur warna latar halaman dokumen
Ribbon Paragraph : untuk mengatur paragraf
Ribbon Arrange : untuk mengatur letak gambar dan teks

5. Tab menu References
Tab ini menyediakan banyak solusi sederhana untuk menghasilkan dokumen
Ribbon Table of Contents : untuk membuat daftar isi secara otomatis
Ribbon Footnotes : untuk menyisipkan catatan kaki
Ribbon Citations and Bibliography : memasukkan kutipan dan daftar pustaka dalam dokumen yang sedang aktif
Ribbon Captions : untuk menambahkan keterangan seputar gambar
Ribbon Index : untuk mengatur indeks pada teks
Ribbon Table of Authority : untuk mengatur kutipan dalam teks

6. Tab menu Mailings
Tab ini digunakan untuk mengirim surat seperti mencetak amplop dan label
Ribbon Create
Ribbon Start Mail Merge
Ribbon Write & Insert Fields
Ribbon Preview Results
Ribbon Finish

7. Tab menu Review
Tab ini untuk membuat perubahan dalam dokumen yang dimungkinkan karena masalah ejaan atau tata bahasanya
Ribbon Proofing
Ribbon Language
Ribbon Comments
Ribbon Tracking
Ribbon Changes
Ribbon Compare
Ribbon Protect

8. Tab menu View
Tab ini digunakan untuk mengubah tampilan dokumen kita ke dua halaman yang berbeda dan memperbesar/memperkecil halaman
Ribbon Document Views
Ribbon Show
Ribbon Zoom
Ribbon Windows
Ribbon Macros

Komentar